Minggu, 09 Juni 2013

Belajar dari Peribahasa #1

Ingatlah kata orang bijak yang mengatakan, belajarlah dari hal-hal yang ada di sekitar kamu. Belajarlah dari pohon-pohon yang menyimpan rahasia, dari binatang-binatang yang memiliki keunikan, dari bumi yang mengajarkan ketenangan, dari orang lain yang menceritakan pengalaman dan dari peribahasa yang mendidik secara konotatif.
Mengapa peribahasa dalam hal ini penulis kaitkan, tak lain dan tak bukan karena di era semua serba global ini, kebanyakan orang sudah melupakan nilai-nilai luhur bangsa yang salah satunya adalah peribahasa. Peribahasa yang dahulunya sering menjadi “wejangan” dari orang tua kini telah terkikis ombak globalisasi. Anak kecil yang dahulu selalu ingat peribahasa yang selalu diajarkan di sekolah, tetapi sekarang yang diingat hanyalah lagu-lagu yang tiap hari muncul di layar TV.
Kali ini, penulis tidak banyak bercerita tentang pentingnya peribahasa. Akan tetapi memberikan sedikit peribahasa yang akan menambah beberapa persen ilmu kita.
Pertama, Ada Air Ada Ikannya, yang artinya “dimana kita tinggal, disitu kita mendapat rezeki”.Sudah sangat jelas sesuai dengan artinya, kita tak perlu takut dimana pun kita berada, di kampus, di tempat kerja dan dimana pun walau kita jauh dari orang tua pasti Alloh SWT akan memberikan rezekinya sesuai jatah kita. Tetapi perlu diingat rezeki tak akan turun bila kita tak menjemputnya, maka selalu berusahalah mencari rezeki di tempat engkau tinggal agar rezeki kita akan turun dengan cepat. Dan yakinlah bahwa Alloh telah menyediakan rezeki tiap orang sesuai porsinya.
Kedua, Ada Batang Cendawan Tumbuh, artinya “Tak pernah berputus asa untuk mencapai cita-cita”. Peribahasa ini sangat cocok untuk kita para pelajarsebab kita belajar pasti untuk menggapai cita-cita kita, tetapi kita terkadang malas, jenuh, hilang semangat di tengah jalan atau malah sampai tak mau belajar lagi alias putus asa. Eiitss, tunggu dulu kita tak boleh putus asa di tengah jalan gitu, itu sama saja belajar kita sia-sia. Ingat, Alloh tidak membebani kaumnya kecuali dalam batas kemampuannya. Jadi percaya dan yakin cita-citamu akan tercapai jika terus berusaha dan pantang putus asa, Okey ?
Ketiga, Ada Bunga Ada Lebah, artinya “Tempat yang banyak mendatangkan rezeki pasti banyak orang yang berdatangan”. Nah arti diatas itu kalau berkaitan dengan dunia ekonomi atau kebutuhan. Apabila dikaitkan dengan pribadi individu beda lagi artinya, lebih cocok kalau “Jika seseorang itu bermanfaat tentunya banyak orang yang mendekat”, mendekat disini lebih kepada agar terkena percikan kemanfaatan. Sebagai contoh, kita sebagai mahasiswa apabila memiliki kemampuan lebih, boleh lah membaginya kepada eman yang lain. Kemudian aktif dalam organisasi untuk melatih diri dan lebih peka terhadap masalah sosial dan tak lupa memberi kontribusi yang dapat kita berikan di kampung halaman kita.

Mungkin, untuk kesempatan kali ini hanya 3 peribahasa yang mampu penulis kupas, dan untuk selanjutnya tentunya menungu postingan berikutnya. Semoga bermanfaat, Sayonara !!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India